Barcelona Tundukkan Gimnastic, Ronald Koeman Buka-bukaan soal Taktik

MediaSport.id -Pelatih Barcelona, Ronald Koeman mengatakan timnya musim ini bisa memainkan gaya sepakbola yang berbeda dengan yang biasa disaksikan para penggemar.

Pelatih bertubuh gempal asal Belanda tersebut melontarkan pernyataan ini usai membawa Barcelona menang 3-1 atas klub Divisi Segunda (divisi dua Spanyol), Gimnastic pada laga uji coba yang dihelat di stadion mini milik Blaugrana, Johan Cruyff Stadium, Barcelona.

Pada laga ini, Koeman menggunakan patron 4-2-3-1 dengan dua gelandang bertahan sebagai pivot. Sistem ini sendiri relatif jarang digunakan oleh pelatih-pelatih Barca sebelumnya.

Koeman memasang Sergio Busquets dan Carles Alena sebagai duo jangkar pada babak pertama, serta kemudian Frenkie de Jong dan Riqui Puig di babak kedua ketika sang pelatih mengubah seluruh timnya pasca turun minum.

“Ini mungkin sedikit berbeda dan lebih defensif dengan yang kita lihat di Barcelona dalam beberapa tahun terakhir,” jelas Koeman kepada saluran televisi resmi klub.

Baca juga:   Ronald Koeman Dikabarkan Bakal Kembali ke Barcelona

“Tapi tujuannya adalah menggerakkan bola, menahannya dan menciptakan ruang untuk bermain antar lini, di belakang gelandang lawan. Saya kira tim ini mampu melakukannya karena kami memiliki gelandang-gelandang yang mampu bermain dengan cara itu,” celoteh eks pelatih Everton dan Timnas Belanda itu.

Ousmane Dembele membuka skor untuk Barcelona pada laga pramusim jelang bergulirnya Liga Spanyol 2020/2020 ini.

Sementara itu, Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho mencetak gol dari titik penalti dalam laga perdana Koeman sebagai entrenadorBarcelona menggantikan posisi Quique Setien ini.

Koeman praktis menurunkan pemain-pemain terbaiknya pada babak pertama, dengan menurunkan Lionel Messi sejak menit awal awal meskipun sang megabintang baru berlatih awal pekan ini setelah mengakhiri perselisihannya dengan klub menyusul permintaannya hengkang dalam status bebas transfer.

Barca sendiri akan menghadapi Girona pada tengah pekan nanti dalam pertandingan uji coba lainnya, dan sedang dalam pembicaraan untuk menghadapi Elche dalam pertandingan pramusim terakhir, sebelum melakoni laga pertama mereka di musim baru La Liga dengan menghadapi Villarreal pada 27 September 2020.

Baca juga:   Ancelotti: Milan Tepat Pertahankan Pioli dan Ibrahimovic

“Saat ini penting bagi para pemain untuk bermain karena ini bukan pramusim yang normal. Kami hanya punya empat pekan bersama, bukan enam pekan dan itu sulit sekali,” keluh Koeman.

“Yang ingin kami lakukan saat ini adalah fokus kepada kebugaran kami, dan kemudian selama dua pekan ke depan fokus kepada masalah yang lebih taktis,” sambung pelatih berusia 57 tahun itu.

“Yang terpenting hari ini adalah untungnya tidak ada cedera dan semua orang bisa bermain selama 45 menit. Kami menunjukkan tingkat intensitas yang baik dalam kedua babak dan meskipun ada hal-hal yang dapat kami tingkatkan, kami sudah senang,” pungkasnya.(msn)

Next Post

Leave a Reply

Download Android App
  • Trending
  • Comments
  • Latest

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.